JTM Unila mengadakan Kuliah Umum dengan tema Sustainable Manufacturing dan Teknologi Pengelasan

Sustainable Manufacturing sedang menjadi issue hangat di kalangan perusahaan di Indonesia. Sustainable Manufacturing sendiri memiliki makna berupa upaya pengembangan konsep Industri Manufaktur berkelanjutan. Konsep ini dianggap sangat perlu untuk dikembangkan demi menjaga keberlangsungan sumber daya alam yang ada di bumi. Konsep Sustainable Manufacturing memiliki 3 aspek penting yaitu aspek ekonomi, aspek sosial dan aspek lingkungan. Aspek ekonomi merupakan upaya perusahaan untuk tetap berkembang dan tetap menghasilkan profit secara komersial, sedangkan aspek sosial merupakan upaya perusahaan untuk memberikan timbal balik kepada warga sekitar. Aspek terakhir merupakan aspek terpenting yaitu lingkungan, aspek ini merupakan upaya perusahaan agar tetap terus menjaga lingkungan dengan cara tidak membuang limbah secara cuma-cuma. Salah satu proses yang ada pada manufaktur adalah pengelasan.

Pengelasan atau Welding adalah proses penyambungan pada dua buah logam akibat adanya difusi secara signifikan dari atom-atom logam yang disambung ke dalam daerah lasan. Pengelasan dilakukan dengan memanaskan bagian logam yang akan disambung sampai titik leleh dan terjadi difusi secara bersama-sama (baik dengan atau tanpa bahan pengisi) atau dengan menerapkan tekanan pada bagian logam dalam keadaan dingin atau panas.

Kedua topik bahasan yang telah disebutkan pada paragraf di atas merupakan topik-topik yang dipelajari oleh mahasiswa di Jurusan Teknik Mesin Unila. Tentunya menjadi sangat bermanfaat ketika kedua topik tersebut juga menjadi materi pada kegiatan kuliah umum dan disampaikan oleh para ahli dibidangnya.

Kuliah umum telah dilaksanakan pada tanggal 01 November 2019 bertempat di Aula Teknik Mesin Universitas Lampung mulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 11.00 WIB.  Narasumber yang mengisi kegiatan kuliah umum tersebut adalah Prof. Dr.Ing. Ir. Harwin Saptoadi, MSE yang membawakan topik mengenai Sustainable Manufacturing dan Prof. M. Noer Ilman, S.T., M.Sc., Ph.D yang membawakan topik Teknologi Pengelasan. Keduanya merupakan Guru Besar DTMI Universitas Gadjah Mada.

Gambar berikut memperlihatkan sambutan hangat dari Ketua Jurusan Teknik Mesin Unila beserta para dosen terhadap para narasumber sebelum mereka memberikan materi kuliah umum. Acara diisi dengan saling memperkenalkan prodi masing-masing, sharing perkembangan riset dan pengelolaan prodi.

Selanjutnya gambar-gambar berikut memperlihatkan para narasumber tengah memberikan materi kuliah umum dengan penuh semangat dan antusias.

Prof. Harwin tengah menjelaskan konsep sustainable manufacturing kepada para peserta kuliah umum

Prof. Noer Ilman tengah menjelaskan materi Teknologi Pengelasan kepada para peserta kuliah umum

Peserta yang hadir pada kuliah umum ini adalah mahasiswa-mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Lampung dari berbagai angkatan dan program studi. 

Semoga kegiatan ini semakin menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman bagi para mahasiswa dan berguna bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *