Kunjungan Tim Dosen Teknik Mesin ke PLTU Tarahan

Tim Dosen Jurusan Teknik mesin Universitas Lampung yang terdiri dari Dr. Gusri Akhyar Ibrahim, Dr. Jamiatul Akmal, Dr.Eng. Shirley Savetlana, Dr. Sugiyanto, Novritanti, M.T., Akmad Riszal, M.Eng mengadakan kunjungan ke PLTU Tarahan Senin, 9 Desember 2019 untuk menindaklanjuti pembahasan permasalahan mesin crusher pada PLTU Tersebut. Pembahasan dipimpin oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin Unila Ahmad Suudi, S.T., M.T dan Manager PLTU Tarahan Otniel Marrung.

Pentingnya sinergi antara Universitas dengan industri yaitu untuk menganalisis dan mengaplikasikan Ilmu keteknikan ke dalam dunia industry (dalam kondisi riil), terlebih dalam pengembangan ilmu seorang akademisi. Kolaborasi antara dunia Industri dan Perguruan Tinggi mutlak diperlukan untuk pengembangan ilmu. Pada kesempatan ini, PLN meminta permasalahan tersebut dilakukan pendekatan oleh akademisi (dosen Teknik Mesin Unila) yang sesuai dengan kepakaran guna untuk dijadikan dasar dalam pemberian rekomendasi dari permasalahan tersebut. Pada dasarnya, seiring berjalanya waktu mesin akan mengalami penuaan sehingga diperlukanya rekomendasi kondisi peralatan tersebut untuk diperbaiki, dimodifikasi atau dilakukan penggantian peralatan yang sesuai dengan outpunya tanpa mengurangi kualitas raw materials.

Survey lapangan dilokasi mesin crusher

Permasalahan yang terjadi pada Crusher khususnya yaitu terjadinya getaran atau vibrasi yang menyebar di sekitar PLTU, sehingga untuk meminimalisir getaran tersebut dosen Teknik Mesin Unila melakukan observasi lapangan dan menganasilisis permasalahan getaran tersebut serta akan memberikan rekomendasi untuk langkah selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *